Categories
Uncategorized

Cara Perawatan Burung Kicau yang Jarang Diketahui

Seperti yang kita ketahui bersama, burung kicau saat ini memiliki tingkat teratas dari banyaknya binatang yang dipelihara oleh manusia. Tak heran jika di Indonesia sendiri banyak sekali penangkaran burung. Karena mayoritas pecinta burung ini sangat mengidolakan memiliki burung yang bersuara bagus dan gacor. Dan perlu diketahui pula burung merupakan salah satu rantai makanan teratas dari beberapa jenis binatang lainnya.

Namun apakah kamu sebagai pecinta burung sudah tau beberapa rahasia yang tidak banyak diketahui orang mengenai perawatan burung bersuara bagus? Tentunya saya yakin juga sudah banyak yang mengetahuinya. Akan tetapi disini saya juga ingin berbagi sedikit mengenai apa yang juga saya sukai dalam dunia binatang, khususnya burung.

Untuk merawat burung sebanarnya tidaklah susah, namun bagi pemula saya yakin belum mahir dalam mengelola suara burung yang dimiliki. Ada beberapa poin yang sangat wajib diperhatikan agar burung yang anda miliki menjadi dan memiliki suara yang indah. Pasti jika burung yang dipunyai memiliki suara bagus akan menambah semangat kita dalam memeliharanya.

Jangan sampai salah dalam melakukan perawatan. Nah untuk hal tersebut saya ingin membeberkan bagaimana cara yang pas untuk perawatan burung. Baik burung biasa maupun burung yang diperuntukkan perlombaan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan dibawah ini.

Beberapa Hal Yang Wajib Dilakukan Untuk Perawatan Burung

Ada banyak sekali jenis burung yang ada di Indonesia, baik itu burung liar maupun burung rumahan. Untuk merawat burung yang berbeda harus memahami terlebih dahulu karakteristik burung tersebut. Untuk itu silahkan lihat di SuhuKicau.com.

Memperhatikan Makanan

Poin pertama ini sangat penting, karena jika burung yang dimiliki asupan makanannya kurang, maka bisa jadi burung tersebut akan sakit dan dapat menyebabkan kematian. Seperti yang pernah dialami beberapa teman dunia kicau. Makanan yang diberikan kurang dan pada saat itu dia tinggal keluar kota. Hasilnya burung tidak terawat makanannya dan akhirnya mati. Hal ini sangat penting untuk kamu perhatikan, jangan sampai burungmu tidak mendapatkan makanan yang cukup.

  • Pilih Makanan Yang Sesuai
  • Pilih Makanan Yang Mengandung Multi Vitamin
  • Pilih Makanan Yang Bergizi
  • Pilih Makanan Hewani
  • Pilih Makanan Buah-Buahan

Memperhatikan Minuman

Poin kedua yang tidak kalah penting yaitu minuman. Minuman sangat menentukan kesehatan burung tersebut, jika minuman sudah keruh dan masih diberikan maka burung bisa saja sakit dan stres. Jika burung sudah stress, walaupun kamu kasih makan makanan yang bnergizi pun akan sangat sulit untuk mau langsung memakannya.

Perhatikan minuman ini dengan cara menggantinya setiap sore dan pagi hari. Seperti burung kenari yang suka sekali mengotori minumannya, karena biasanya setelah makan jenis burung kecil ini akan masuk ke tempat minuman tersebut untuk minum dan juga kadang melakukan pembersihan bulu dengan air tersebut. Maka dari itu jika dirasa airnya sudah keruh maka langsung saja diganti dengan yang baru.

Menurut pengalaman, air yang sudah dimasak jauh lebih baik dari yang tidak dimasak. Saya yakin kawan-kawan pasti tau apa saja alasan tepatnya untuk air yang belum dimasak. Jika sudah keruh maka jangan tunggu sampai sore atau pagi hari ya bro.

Memberikan Vitamin

Ketiga yaitu dengan memberikan vitamin, namun peru di ingat jangan sampai over dalam memberikan multi vitamin ini. Bisa jadi jika terlalu banyak malah membuat burung hanya suka makan dan tidak mau berkicau sesuai apa yang kalian inginkan. Pemberian vitamin ini tidak setiap hari ya sob.

Kalian bisa memberikannya dalam jangka yang sesuai aturan pakai pada label kotak vitamin tersebut. Tidak semua burung sama cara memberikannya. Jadi menurut dokter bahasanya seperti ini, baca aturan pakai atau sesuai anjuran dokter, benarkan bos?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *